Begini Cara Ganti Oli Mobil & Motor di Rumah! Tanpa Harus ke Bengkel

Tanpa Harus ke Bengkel, Begini Cara Ganti Oli Mobil dan Motor di Rumah!

Oli atau pelumas menjadi salah satu elemen yang penting bagi kendaraan, baik untuk motor maupun mobil. Oli sendiri digunakan untuk membuat mesin tetap berjalan baik karena akan mengurangi gesekan-gesekan dalam mesin. Oli ini bisa menjaga mesin dalam kendaraan Anda agar tidak cepat rusak.Tak hanya itu, oli juga bisa dijadikan sebagai pendingin mesin kendaraan yang panas setelah digunakan.Oleh karena itu, Anda perlu mengganti oli secara berkala agar daya pelumas kendaraan tetap optimal. Jika Anda ingin mengganti oli kendaraan tanpa ke bengkel, berikut adalah beberapa cara ganti oli yang bisa Anda lakukan sendiri.

Cara Ganti Oli Motor dan Mobil

Cara ganti oli pada motor dan mobil memiliki perbedaan, sehingga langkah yang dilakukan pun berbeda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

Ganti Oli Motor

cara ganti oli motor

  1. Sebelum mengganti oli motor, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan, seperti: kunci pas nomor 14/15 atau sesuaikan dengan baut lubang saluran pembuangan oli pada motor Anda. Selain itu, siapkan juga wadah, lap, dan oli baru tentunya.
  2. Posisikan motor dengan standar samping dalam posisi miring. Kemudian, buka baut saluran pembuangan oli. Posisi miring pada motor akan membuat oli lebih cepat keluar dan akan terkuras seluruhnya.
  3. Jangan lupa siapkan wadah untuk menampung buangan oli agar tidak berceceran.
  4. Pastikanmesin motor dalam keadaan dingin saat Anda akan mengganti oli.
  5. Saat oli mulai mengalir, Anda bisa sekalian membersihkan saringan oli dan penyekat (seal) menggunakan kompresor. Namun, jika Anda tidak memiliki kompresor, Anda juga bisa melakukan kick starter agar sisa-sisa oli mulai keluar.
  6. Setelah Anda yakin oli sudah terkuras bersih, pasang kembali baut pada saluran pembuangan oli dan masukkan oli baru yang sudah Anda siapkan. Saat menuangkan oli baru, posisikan motor dalam keadaan standar ganda agar olinya terisi merata.
  7. Usai beberapa cara ganti oli motor di atas sudah dilakukan, nyalakanmesin dan diamkan sebentar. Step ini dilakukan agar mesin mulai menyesuaikan diri dengan oli baru.
  8. Sebelum Anda menggunakan motor, panaskan mesin motor beberapa menit kemudian jalankan motor sebentar. Setelah itu, Anda bisa menggunakan motor Anda kembali dalam jarak jauh.

Ganti Oli Mobil

cara ganti oli mobil

  1. Cara ganti oli mobil yang pertama adalah dengan mengangkat mobil Anda menggunakan dongkrak dan penyangga. Sebelum memasang dongkrak dan penyangga, Anda perlu memastikan bahwa mobil berada di area yang rata dan pasang rem tangan. Jangan lupa untuk mengganjal roda mobil Anda menggunakan balok.
  2. Panaskan mobil Anda selama 2-3 menit sebentar agar oli yang berada di dalam mobil menjadi hangat. Sembari menunggu oli hangat, Anda bisa menyiapkan beberapa alat yang diperlukan, seperti: oli baru, saringan, wadah untuk menampung, dan kunco sok serta senter.
  3. Setelah oli hangat dan alat telah siap, buka penutup oli. Dengan membuka tutup oli ini, oli yang lama akan lebih cepat mengalir karena terpapar udara.
  4. Buka baut penutup tempat oli dengan memutarnya ke arah berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah membukanya, oli kemudian akan keluar dengan sendirinya. Tunggu oli keluar seluruhnya, setelah bersih ganti saringan oli dan masukkan oli baru Anda.

Itulah beberapa cara ganti oli yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ada kemungkinan pakaian Anda akan terkena oli saat menggantinya, sehingga sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang biasa Anda gunakan untuk berkotor-kotoran. Bagaimana, siap mengganti oli Anda sendiri?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *